Ilmu Sejarah (S2)

Program Studi Ilmu Sejarah

Ketua Program Studi Ilmu Sejarah

Dr. Raden Muhammad Mulyadi, S.S., M.Hum.

VISI

Tahun 2026 menjadi pengelola pendidikan sejarah yang memiliki keunggulan dalam sejarah Sunda dan sejarah Jawa Barat, serta berdaya saing dalam penyelenggaraan pendidikan dan riset kelas dunia.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan Sejarah yang bermutu dan memiliki kemampuan untuk meneliti dan menulis sejarah.
  2. Menyelenggarakan pendidikan Sejarah yang menghasilkan lulusan yang menjunjung tinggi etika akademik dan etika profesi sejarah.
  3. Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat di bidang budaya pada umumnya dan Sejarah pada khususnya. Dalam hal ini Program Studi Magister Ilmu Sejarah Unpad menekankan pada studi sejarah Sunda dan sejarah Jawa Barat.
  4. Menjalin kemitraan secara berkesinambungan dengan institusi dan organisasi profesi yang terkait berdasarkan prinsip kesetaraan dan saling menguntungkan untuk penyempurnaan kurikulum.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang sejarah, serta memiliki kemampuan dan keterampilan menulis artikel sejarah, baik ilmiah maupun populer.
  2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai pengetahuan yang luas dan mendalam mengenai sejarah Sunda dan Jawa Barat.
  3. Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang sejarah dan mampu menjadi konsultan riset sejarah.
  4. Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang sejarah dan mampu menjadi konsultan untuk pameran sejarah, film sejarah, museum, pelestarian benda cagar budaya, dan penulisan sejarah.
  5. Terciptanya pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkualitas dengan didukung sarana dan prasarana yang memadai.
  6. Memberikan peluang bagi para lulusan untuk dapat melanjutkan studi ke jenjang/strata S3 baik di dalam maupun ke luar negeri.
  7. Terselenggaranya berbagai kegiatan dengan melibatkan institusi, organisasi profesi yang terkait dan organisasi alumni seperti Seminar, Lokakarya, dan Pelatihan.