Asistensi Mengajar Internal Unpad: Wujud Pemerataan Pendidikan dan Pengabdian Mahasiswa Unpad di Jatinangor
Jatinangor, 30 September 2023 – Universitas Padjadjaran membuka peluang untuk seluruh mahasiswanya untuk belajar dan mengajar dengan efektif yang diimplementasikan lewat program Asistensi Mengajar Internal Universitas Padjadjaran. Program ini dimulai oleh angkatan pertama pada tahun 2021. Asistensi Mengajar Internal Unpad adalah program aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa secara kolaboratif dengan guru/tutor/fasilitator/orang tua di berbagai satuan pendidikan di sekitar kampus Unpad Jatinangor.
Kehadiran asisten pengajar memungkinkan terciptanya lingkungan belajar yang lebih interaktif dan responsif terhadap kebutuhan siswa, sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung lebih efektif. Selain itu, melalui asistensi mengajar, mahasiswa Unpad juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan mengajar mereka dan mendapatkan pengalaman praktis dalam bidang pendidikan.
Asistensi Mengajar Angkatan 5 Universitas Padjadjaran Tahun 2023 dilaksanakan dari 10 Januari 2023 hingga 20 Juni 2023. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa yang minimal berada di semester 4 dan dapat diikuti oleh semua mahasiswa di seluruh fakultas di Universitas Padjadjaran. Seluruh mahasiswa dibebaskan untuk memilih mata pelajaran, tetapi disarankan untuk memilih mata pelajaran yang sesuai dengan program-program studi di fakultasnya masing-masing. Fakultas Ilmu Budaya sendiri didominasi oleh mahasiswa yang mengajar pelajaran bahasa Indonesia, bahasa Inggris, agama, dan tematik.
Salah satu sekolah yang diisi oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya adalah SMK Baabul Kamil, yang berlokasi di Cikuda, kecamatan Jatinangor. Selain kolaborasi antara guru dan mahasiswa, mahasiswa Unpad juga melakukan kolaborasi dengan sesama mahasiswa. Seperti yang dilakukan oleh Reza Amin Yasiri dengan Muhamad Rizal dari program studi Sastra Arab yang berkolaborasi membuat bahan ajar mata pelajaran agama dan mengajar di kelas-kelas yang sama. Dalam prosesnya, kegiatan mengajar di kelas diisi oleh materi yang beragam dan disampaikan lewat pembelajaran yang interaktif, di mana mahasiswa mengajak siswa-siswa untuk berperan aktif mengungkapkan pendapat, berkolaborasi bersama rekan serta melatih kemampuan berbicara di depan umum.
Kegiatan asistensi mengajar di SMK Baabul Kamil ini diakhiri dengan siswa-siswa yang memberikan surat-surat kesan pesan untuk mahasiswa yang telah mengajar. Surat-surat tersebut bernada positif dan menerima dengan baik kegiatan asistensi mengajar Universitas Padjadjaran.
Lusiana Dewi Saefudin