FIB Unpad Selenggarakan Seminar Peringati Isu Gender dalam Sastra, Budaya, dan Media

FIB Unpad Selenggarakan Seminar Peringati Isu Gender dalam Sastra, Budaya, dan Media

Ilmu Budaya / Juli 10, 2024

Jatinangor, 10 Juli 2024 — Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran menaruh perhatian penuh pada isu hegemoni, ketidaksetaraan gender dan resistensinya dalam konteks budaya, sastra, dan media. Hal ini tercermin dari kegiatan seminar gender, seksualitas, dan hegemoni kebudayaan yang diselenggarakan pada tanggal 3 Juli 2024 di aula Pusat Studi Bahasa Jepang.

Seminar ini merupakan proyek ujian akhir semester mata kuliah gender, seksualitas, dan hegemoni kebudayaan yang dirancang oleh mahasiswa magister Ilmu Sastra, Fakultas Ilmu Budaya Unpad. Sekaligus rangkaian Dies Natalis Universitas Padjadjaran ke-67, seminar gender, seksualitas, dan hegemoni kebudayaan ini terbuka bukan hanya untuk civitas akademika saja tetapi dapat dihadiri dan terbuka untuk umum.

Mengawali pemaparan dalam seminar ini, Dr. Ari Jogaiswara Adipurwawidjana sebagai keynote speaker membawakan materi berjudul “Elipsis sebagai Ruang Perempuan Berdiam Lantang”. Kegiatan pun dilanjutkan oleh 19 presenter yang terdiri dari mahasiswa magister ilmu sastra pengutamaan sastra kontemporer dan kajian budaya yang membawakan materi yang beragam. Mulai dari tubuh dan kuasa, performativitas gender, femininitas, maskulinitas, serta heteronormativitas.

Setiap materi yang dipaparkan oleh presenter akan diberi timbal balik oleh para dosen pengampu mata kuliah, yaitu Prof. Aquarini Priyatna, M.A., M.Hum., Ph.D., Dr. Rasus Budhyono, M. Hum., dan Dr. Mega Subekti, S.S., M.Hum. yang merupakan para pakar di bidangnya. Seminar ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa magister Ilmu Sastra sebagai peneliti dan terbiasa tampil menyajikan penelitian yang telah dilakukan.

Red. Lusiana Dewi Saefudin