Sastra Indonesia

Program Studi Sastra Indonesia

VISI

Pada tahun 2026, Program Studi Sastra Indonesia menjadi Program Studi unggul dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi kelas dunia yang memiliki komitmen dan integritas yang kuat dalam melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas dibidang bahasa dan sastra Indonesia dalam konteks lokal dan global, serta adaptif terhadap perubahan yang terjadi.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang unggul dan bermutu yang menjunjung tinggi etika akademik dan etika profesi.
  2. Mengembangkan penelitian dalam bidang bahasa dan sastra pada umumnya dan bahasa dan sastra Indonesia pada khususnya.
  3. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang bahasa dan sastra pada umumnya dan bahasa dan sastra Indonesia pada khususnya.
  4. Menjalin kemitraan secara berkesinambungan dengan institusi dan organisasi profesi yang terkait berdasarkan prinsip kesetaraan dan saling menguntungkan serta memberdayakan hubungan kemitraan dengan organisasi alumni untuk penyempurnaan kurikulum dan program magang.
  5. Memiliki manajemen pendidikan dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab, dan berkeadilan (quality assurance).

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta memiliki keterampilan dalam bidang tulis menulis dan penyuntingan maupun konsultan bahasa dan sastra Indonesia.
  2. Terselenggaranya pendidikan yang berkualitas dengan didukung sarana dan prasarana yang memadai.
  3. Terselenggaranya penelitian berkualitas dengan didukung sarana dan prasarana yang memadai.
  4. Terselenggaranya pengabdian masyarakat yang berkualitas dengan didukung sarana dan prasarana yang memadai.
  5. Terselenggaranya berbagai kegiatan yang melibatkan institusi dan organisasi profesi terkait (Seminar, Lokarya, Pelatihan, dan sebagainya).
  6. Terbukanya peluang bagi para lulusan untuk bekerja dalam bidang yang sesuai keahliannya serta dapat memberikan kesempatan untuk melanjutkan studi kejenjang/strata S-2.
  7. Terjalinnya kemitraan secara berkesinambungan dengan institusi dan organisasi profesi terkait berdasarkan prinsip kesetaraan dan saling menguntungkan serta memberdayakan hubungan kemitraan dengan organisasi alumni untuk penyempurnaan kurikulum dan program magang.
  8. Terwujudnya manajemen pendidikan dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan berkeadilan (quality assurance).