Pusat Bahasa

website: http://pusatbahasa.fib.unpad.ac.id/

email    : pusbah_fasa@yahoo.com

fb          : Bipa Fib Unpad

 

 

Pusat Bahasa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unpad mengembangkan beberapa program akademik berupa kursus, baik kursus bahasa Indonesia dan bahasa Sunda maupun bahasa asing. Kursus dilaksanakan baik melalui program reguler maupun nonreguler;  baik kursus intensif maupun privat. Kursus bahasa asing yang diselenggarakan Pusat Bahasa FIB Unpad adalah kursus bahasa Inggris, Perancis, Jepang, Jerman, Belanda, Rusia, Italia, dan Arab. Di samping itu, Pusat Bahasa FIB Unpad juga menyediakan jasa konsultasi kebahasaan, penyuntingan, penerjemahan, dan tes kemahiran bahasa Indonesia.

Pusat Bahasa FIB Unpad pun telah menjadi pusat kajian atau riset pembelajaran kursus Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). BIPA diselenggarakan dalam program reguler dan nonreguler. Program reguler diselenggarakan dalam empat semester secara berjenjang, yakni tingkat pemula atau dasar (kelas 1), tingkat lanjut (kelas 2), tingkat terampil (kelas 3), dan tingkat mahir (kelas 4). Di samping itu, lembaga memfasilitasi penyelenggaraan kursus bahasa nonreguler, yakni kursus intensif dan privat. Untuk memfasilitasi program persiapan masuk perguruan tinggi bagi mahasiswa asing dibuka pula kursus BIPA kelas khusus, yakni BIPA persiapan masuk perguruan tinggi, seperti untuk memfasilitasi program Kemitraan Negara Berkembang (KNB).

Pembelajaran dilakukan di dalam kelas dan di luar kelas. Pembelajaran bertujuan agar pembelajar memiliki kompetensi keterampilan membaca, menyimak, menulis, dan berbicara, serta penguasaan kosakata dan tata bahasa. Di samping diajarkan enam kompetensi tersebut, diajarkan pula kebudayaan Indonesia. Pembelajaran di luar kelas dikemas dalam bentuk kuliah kerja lapangan (KKL) dan wisata kota. Materi kuliah kerja lapangan (KKL) dan wisata kota adalah berupa wisata budaya, wisata sejarah, dan wisata alam.

unduh:

Rincian biaya kursus bahasa