Sastra Rusia

Akreditasi: A
E-mail: rusia.unpad@gmail.com
Fakultas: Ilmu Budaya
Website: http://russian.fib.unpad.ac.id

VISI PRODI SASTRA RUSIA

Visi Prodi Sastra Rusia tahun 2026 adalah menjadi institusi unggul dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi kelas dunia yang memiliki komitmen dan integritas yang kuat dalam melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas di bidang bahasa, sastra, dan kebudayaan Rusia, adaptif terhadap perubahan yang terjadi serta memiliki kecerdasan dalam membangun jiwa kewirausahaan.

MISI PRODI SASTRA RUSIA

  1. Menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi yang mampu memenuhi tuntutan masyarakat pengguna (stakeholders) jasa pendidikan tinggi.
  2. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berdaya saing internasional dan relevan dengan tuntutan pengguna(stakeholders) jasa pendidikan tinggi dalam memajukan perkembangan inteletual dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Menyelenggarkan pengelolaan pendidikan tinggi yang profesional dan akuntabel untuk meningkatkan citra perguruan tinggi.
  4. Membentuk insan akademik yang menjunjung tinggi keluhuran budaya lokal dan budaya nasional dalam keberagaman budaya dunia.
  5. Membangun jiwa kewirausahaan di kalangan sivitas.

TUJUAN PRODI SASTRA RUSIA

  1. Berperan aktif dalam peningkatan dan perluasan akses masyarakat dalam memperoleh pendidikan tinggi.
  2. Teroptimalkannya pelaksaan Tridharma Perguruan Tinggi di kalangan sivitas akademika.
  3. Terciptanya iklim manajemen kebersamaan dalam mengembangkan program studi sebagai pusat studi bahasa, sastra, dan budaya Rusia.
  4. Menjadi institusi pendidikan bahasa, sastra, dan budaya Rusia yang berkualitas sesuai standar internasional.
  5. Menciptakan lulusan yang berkualitas yang mampu berkiprah di masyarakat.
  6. Terciptanya kepekaan di kalangan sivitas akademika dalam membaca, mengantisipasi, dan menjawab berbagai perubahan, baik pada tataran internal maupun ekstenal.
  7. Terciptanya daya saing dan jiwa kompetitif pada sivitas akademika.
  8. Terwujudnya hubungan kerja sama dengan berbagai mitra kerja dalam maupun luar negeri.
  9. Tercapainya penelitian dan pengabdian yang bermanfaat bagi pemerintah, industri, dan masyarakat, khusunya yang berkaitan dengan bahasa, sastra, dan budaya Rusia.
  10. Teroptimalkannya Prodi sebagai pusat kajian Rusia di Indonesia yang diakui secara nasional, regional, maupun internasional.
  11. Tertanamkannya jiwa kewirausahaan di kalangan sivitas akademika.