Sastra Perancis

Program Studi Sastra Perancis

SEJARAH

Berdasarkan Surat Keputusan No. 6697/UU tanggal 12 Agustus 1960, program studi ini bernama Jurusan Bahasa dan Sastra Perancis di bawah naungan Fakultas Sastra dan berkembang menjadi Jurusan Sastra Roman Program Studi Bahasa dan Sastra Perancis sesuai Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 217/Dikti/Kep/1996, tanggal 11 Juli 1991 tentang Program Studi pada Program Sarjana di lingkungan Universitas Padjadjaran. Adapun perubahan nama dari Fakultas Sastra menjadi Fakultas Ilmu Budaya disahkan melalui Keputusan Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran No. 23/UN6.H/Kep/KP/2014.

VISI

Menjadi Program Studi yang memiliki komitmen untuk mengembangkan pembelajaran bahasa, sastra dan budaya Perancis yang diakui di tingkat nasional maupun internasional serta mampu beradaptasi terhadap perubahan di tingkat nasional, dan internasional di tahun 2026.

MISI

  1. Mengembangkan pembelajaran bidang bahasa, sastra, dan budaya Perancis yang bermutu serta mengikuti perkembangan zaman untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang bahasa, sastra, dan budaya Perancis.
  2. Mengembangkan penelitian yang menitikberatkan pada isu-isu bahasa, sastra dan budaya Perancis dalam lingkup nasional dan internasional.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat guna menopang pembelajaran dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi komunitas akademik, pemerintah, industri, dan masyarakat.
  4. Mengembangkan manajemen pendidikan dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu (quality assurance).
  5. Menjalin hubungan kerja sama strategis dengan masyarakat, pemerintah, bisnis dan industri, institusi pendidikan, serta perguruan tinggi lain, baik didalam maupun luar negeri secara berkesinambungan dengan menerapkan prinsip kesetaraan, kemitraan, dan saling percaya.

Tujuan

  1. Terselenggaranya pembelajaran bidang bahasa, sastra dan budaya yang bermutu untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang bahasa, sastra dan budaya Perancis, sehingga mampu berkiprah di dunia kerja.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing baik di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Meningkatnya kualitas dan kuantitas penelitian yang menitikberatkan kepada isu-isu dalam lingkup nasional dan internasional, baik sebagai pengembangan keilmuan maupun kontribusi pada pemecahan masalah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
  4. Meningkatnya jumlah keterlibatan dosen dan mahasiswa pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang menunjang pengembangan keilmuan dan kepribadian bagi pemberdayaan pemerintah, industri dan masyarakat.
  5. Terlaksananya sistem manajemen pendidikan yang menerapkan prinsip penjaminan mutu pendidikan tinggi, baik pada masukan, proses maupun luaran berdasarkan aturan perundang-undangan, visi, misi dan nilai-nilai dasar Universitas Padjadjaran.
  6. Terwujudnya kemitraan dengan berbagai organisasi dalam dan luar negeri untuk kepentingan penyediaan kesempatan magang, praktikum pembelajaran, dan beasiswa bagi mahasiswa serta penelitian dan studi lanjut bagi dosen.
  7. Terwujudnya kemitraan dengan lembaga di bidang penerapan keilmuan atau pengabdian kepada masyarakat.