Sastra Inggris

Program Studi Sastra Inggris

VISI

Pada tahun 2026, Program Studi Sastra Inggris menjadi Program Studi unggul dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi kelas dunia yang memiliki komitmen dan integritas yang kuat dalam melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas di bidang bahasa Inggris dan sastra Inggris dalam konteks lokal dan global, serta adaptif terhadap perubahan yang terjadi.

MISI

Misi dalam Bidang Pendidikan 

  1. Menyelenggarakan Proses Belajar Mengajar dengan mengembangkan metode dan media yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan kurikulum yang berlaku;
  2. Mengembangkan dan melaksanakan kurikulum pendidikan tinggi yang berbasis kompetensi dalam bidang bahasa Inggris dan sastra Inggris dalam konteks lokal dan global;
  3. Melaksanakan manajemen pendidikan dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu (quality assurance) dengan menggunakan prinsip transparansi, partisipasi, dan akuntabilitas; dan
  4. Melaksanan kegiatan pendidikan bidang ilmu Linguistik bahasa Inggris, kajian sastra Inggris, bidang penerjemahan, dalam rangka menghasilkan lulusan yang cerdas, berbudaya, memiliki kepedulian sosial, serta berdaya saing di tingkat nasional dan internasional.

Misi di Bidang Penelitian 

Mengembangkan penelitian untuk mendukung materi proses belajar mengajar, kemajuan ilmu linguistik, sastra Inggris, dan penerjemahan.

Misi di Bidang Pengabdian kepada Masyarakat

Mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berskala nasional, regional maupun internasional.

Tujuan

Tujuan penyelenggaraan Program Studi Sastra Inggris adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris sesuai kaidah – kaidah bahasa Inggris.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi bidang kajian linguistik; sastra dan penerjemahan berbahasa Inggris yang berdaya saing nasional dan internasional.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu berkiprah baik tingkat nasional, regional, dan internasional.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu menganalisis dan menjabarkan karya sastra berbahasa Inggris dalam beragam genre dengan menggunakan beberapa teori/metode/pendekatan kajian karya sastra dan mengaitkannya dengan isu sosiokultural global.
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan metode, ancangan, dan teori kebahasaan, berinteraksi dengan bidang ilmu lain, dan memahami perkembangan dan kecenderungan penelitian kebahasaan mutakhir ditaraf lokal, nasional, maupun internasional.
  6. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemahiran menerjemahkan dan mengkaji terjemahan lisan dan tulisan terkait teks komersial, akademik, legal, dan kesusastraan di tingkat lokal, nasional, maupun internasional, dengan mengindahkan wawasan sosial, kebudayaan, dan kebangsaan.
  7. Terselenggaranya penelitian yang mendukung materi proses belajar mengajar, kemajuan ilmu linguistik, sastra Inggris, dan penerjemahan.
  8. Terwujudnya pengembangan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berskala nasional, regional maupun internasional.
  9. Terlaksananya manajemen pendidikan dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu (quality assurance) dengan menggunakan prinsip transparansi, partisipasi dan akuntabilitas.
  10. Terwujudnya kerjasama strategis dengan mitra dalam dan luar negeri secara berkesinambungan.