Kajian Budaya

Program Studi Kajian Budaya (S2)

Visi :

Program Studi Magister Kajian Budaya memiliki komitmen dan integristas yang kuat dalam melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas, berbudaya dan adaptif terhadap berbagai perkembangan budaya yang terjadi baik di tataran loka, nasional maupun internasional.

Bahan Kajian :

Program Studi Magister Kajian Budaya memfokuskan pada kajian pada persoalan etnisitas, multikulturalisme, relasi gender, budaya populer, gaya hidup dan media. Persoalan tersebut dikaji dalam berbagai perspektif teori budaya.

Materi Pembelajaran :

Program Studi Magister Kajian Budaya berada di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran di bawah Departemen Sastra dan Kajian Budaya yang menargetkan lulusannya mampu menguasai berbagai konsep keilmuan di bidang kajian budaya (cultural studies) terutama yang berhubungan dengan seni, teknologi industri, media, ideologi, politik, ras, dan gender serta mampu mentransfernya ke pihak lain melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk mencapai target tersebut telah disusun mata kuliah seperti Filsafat Ilmu, Media, Ideologi dan Politik Representasi, Metode Penelitian, Teori-teori Kritis, Ras, Etnisitas, dan Multkulturalisme, Seni, Teknologi dan Industri, Budaya dan Masyarakat, Semiotika, Gender, Seksualitas, dan Hegonomi kebudayaan, Budaya populer, Apresiasi Seni, dan Seminar Topik.

Program Studi Kajian Budaya (S2)

Ketua Program Studi Kajian Budaya
Drs. Nandang Rachmat MA., Ph.D.