Dukung Kampus Hijau, Alumni FIB Unpad Serahkan Bibit Pohon Usai Sidang Akhir

Laporan oleh Arif Maulana

Sejumlah dosen dan lulusan Sastra Jerman Unpad yang sudah menyelesaikan sidang skripsi secara simbolis menyerahkan bibit pohon kepada Wakil Dekan FIB Unpad Dr. Mumuh Muhsin Zakaria, M.Hum. (Foto: Yuli Hantoro)*

[unpad.ac.id,10/2/2020] Merayakan kelulusan merupakan hal yang tidak akan dilewatkan ketika selesai menjalani sidang akhir. Namun, ada hal unik yang diinisasi mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran tatkala menyelesaikan sidang skripsi.

Awal 2020, alumni program studi Sastra Inggris Unpad menyumbangkan sejumlah bibit pohon usai menyelesaikan sidang skripsinya. Inisiasi ini kemudian disetujui pihak prodi, sehingga niat baik ini kemudian menjadi kesepakatan bersama dan anjuran kepada mahasiswa lainnya yang akan menempuh sidang skripsi.

Wakil Dekan FIB Unpad Dr. Mumuh Muhsin Zakaria, M.Hum., mengatakan, aktivitas baik ini kemudian diikuti oleh mahasiswa dari program studi lain, seperti Sastra Jerman hingga prodi Sejarah pun menyusul melakukan aktivitas tersebut.

“Kami sepakat untuk menjadi kegiatan bersama, karena ini program bagus sekali,” ujar Dr. Mumuh saat diwawancarai via telepon, Senin (10/2).

Dr. Mumuh mengatakan, dipilihnya bibit pohon sebagai kenang-kenangan dari alumni bertujuan untuk mendukung implementasi kampus hijau (green campus) di Unpad. Upaya ini juga dilakukan untuk mengurangi sampah balon ataupun sampah plastik yang kerap dihasilkan ketika perayaan kelulusan.

Bibit pohon ini nantinya akan ditanam di area kampus FIB Unpad. Dr. Mumuh menjelaskan, penanaman ini menjadi bagian dari proses peremajaan pohon yang ada di kawasan FIB Unpad, mengingat sebagian pohon sudah berusia tua dan dikhawatirkan roboh.

“Ini akan dikoordinasikan dengan pihak universitas mengenai jenis tanaman dan tempat menanamnya di mana,” tambahnya.

Dr. Mumuh pun mendorong mahasiswa untuk menciptakan tradisi bagus lainnya. Diharapkan tradisi baik ini memberikan manfaat bagi warga kampus Unpad.*