Ilmu Sastra (S2)

Program Studi Ilmu Sastra (S2)

Ketua Program Studi Ilmu Sastra

Amaliatun Saleha S.S., M.Si., Ph.D

Sekretaris Program Studi Ilmu Sastra

Tania Intan, M.Hum.

VISI

Pada tahun 2026, menjadikan Program Studi Magister Ilmu Sastra yang unggul dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang sastra dan filologi, adaptif dalam bidang budaya lokal dan global, serta lulusannya mampu bersaing, baik secara nasional maupun internasional.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan ilmu sastra yang bermutu dalam rangka menghasilkan lulusan yang menjunjung tinggi etika akademik dan etika profesi.
  2. Mengembangkan penelitian yang inovatif dan teruji di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat di bidang sosial dan humaniora pada umumnya, dan ilmu sastra pada khususnya.
  4. Menjalin kemitraan secara berkesinambungan dengan institusi, organisasi profesi yang terkait berdasarkan prinsip kesetaraan dan saling menguntungkan serta memberdayakan hubungan kemitraan dengan organisasi alumni untuk penyempurnaan kurikulum dan program magang.
  5. Memiliki pengelolaan pendidikan dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan berkeadilan.

Tujuan

  1. Terbentuknya lulusan yang kompeten di bidang ilmu sastra, serta memiliki keterampilan di bidang sosial dan humaniora.
  2. Terciptanya peluang bagi para lulusan untuk dapat melanjutkan studi ke jenjang/strata S3.
  3. Terciptanya pendidikan ilmu Sastra dan Filologi yang bermutu dalam rangka menghasilkan lulusan yang menjunjung tinggi etika akademik dan etika profesi.
  4. Terkondisikannya iklim penelitian yang inovatif dan mendukung perkembangan ilmu Sastra dan Filologi di tingkat nasional maupun internasional.
  5. Terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dan bermanfaat di bidang sosial dan humaniora pada umumnya, dan ilmu Sastra pada khususnya.
  6. Terselenggaranya berbagai kegiatan dengan melibatkan institusi, organisasi profesi yang terkait dan organisasi alumni seperti seminar, lokakarya, pelatihan dan sebagainya.
  7. Terwujudnya kemitraan dengan berbagai organisasi dalam dan luar negeri untuk kepentingan penyediaan kesempatan magang, praktikum pembelajaran, dan beasiswa bagi mahasiswa serta penelitian dan studi lanjut bagi dosen.
  8. Terselenggaranya pengelolaan pendidikan dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan berkeadilan.