“Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab ke-XII” dan Muktamar VI Ikatan Pengajar Bahasa Arab di Indonesia (IMLA)

[unpad.ac.id, 16/10/2019] Universitas Padjadjaran melalui Program Studi Sastra Arab menjadi penyelenggara acara “Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab ke-XII” dan Muktamar VI Ikatan Pengajar Bahasa Arab di Indonesia (IMLA) di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Rabu (16/10) hingga Jumat (18/10).

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE., membuka “Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab ke-XII” dan Muktamar VI Ikatan Pengajar Bahasa Arab di Indonesia (IMLA) di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Rabu (16/10)

Kegiatan digelar atas kerja sama prodi Sastra Arab Unpad dengan IMLA dan lembaga Experts of Academic Excellence Research Centre (EAERC). Acara diikuti oleh sejumlah peserta dari dalam maupun luar negeri.

Ketua pelaksana kegiatan, Dr. Ade Kosasih, M.Ag., mengatakan, pertemuan dan muktamar ini digelar untuk meningkatkan kapasitas pengajar bahasa, sastra, dan budaya Arab melalui diskusi dan pertukaran informasi dalam pertemuan ilmiah internasional.

“(Kegiatan ini) menjadi sarana untuk memperkenalkan inovasi, gagasan, dan konsep baru di bidang bahasa, sastra, dan budaya Arab serta membuka kajian interdisiplin dan multidisiplinnya,” kata Dr. Ade.

Pertemuan ilmiah ini menggelar sejumlah kegiatan, meliputi: seminar internasional, Musyawarah Nasional Asosiasi Prodi Bahasa Arab dan Prodi Bahasa dan Sastra Arab, serta Muktamar ke-IV IMLA. Adapun peserta dari luar negeri sendiri tercatat berasal dari berbagai negara, antara lain: Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Yaman, dan Mesir.

Rektor Unpad Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE., dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan sejumlah penjajakan kerja sama di bidang Tridarma, hingga penguatan program studi bahasa Arab di Unpad maupun perguruan tinggi lainnya.

“Silakan seluruh pembicara pada konferensi mengungkapkan gagasan dan berdiskusi. Mudah-mudahan dihasilkan satu kesimpulan untuk tindak lanjut penguatan mutu pengajaran bahasa Arab di Indonesia, regional, dan global,” ujar Rektor.

Rektor juga mendorong seluruh pengajar dan pengelola prodi agar bisa mengimplementasikan berbagai hasil yang dicapai pada pertemuan dan muktamar ini.

Pada pembukaan acara tersebut, Rektor didampingi Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt., serta Dekan Fakultas Ilmu Budaya Yuyu Yohana Risagarniwa, M.Ed., PhD.*

Laporan humas@unpad.ac.id oleh Arief Maulana